Beberapa Penyebab Rambut Berminyak yang Perlu Diketahui

penyebab rambut berminyak

Vosanjose – Rambut berminyak bisa terjadi karena beberapa penyebab. Penyebab rambut berminyak bisa karena faktor genetik, hormon, produk penataan rambut yang digunakan, atau kulit kepala kering yang membuat kulit kepala memproduksi lebih banyak minyak.

Beberapa kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari juga bisa menyebabkan rambut berminyak. Berikut beberapa penyebab rambut berminyak.

Apa Saja Penyebab Rambut Berminyak?

penyebab rambut berminyak

  • Hormon

Hormon berperan dalam produksi minyak di kulit dan rambut. Kadar hormon yang tinggi bisa memicu kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Peningkatan hormon ini umumnya terjadi pada remaja, wanita yang sedang menstruasi, dan wanita hamil.

Salah satu hormon yang bisa mempengaruhi produksi minyak berlebih pada kulit kepala dan rambut ialah hormon androgen.

  • Faktor Genetik

Ada kemungkinan jenis rambut berminyak merupakan turunan dari orang tua, karena jika rambut ayah atau ibu Anda berminyak, Anda berpotensi tinggi untuk mempunyai rambut berminyak juga.

  • Terlalu sering mengikat rambut

Saat mengikat rambut, terutama dengan kuncir kuda, sepertinya cara yang baik untuk menyembunyikan rambut berminyak, di sisi lain justru akan membuat sebum menumpuk di bawah rambut dan akar rambut.

Yang harus Anda lakukan ialah tidak berlebihan menggunakan produk penataan rambut dan gaya rambut yang membutuhkan banyak ikatan.

  • Kebiasaan

Kebiasaan mengelus rambut dengan tangan juga dapat menyebabkan rambut berminyak. Tangan merupakan bagian tubuh yang sangat mudah kotor karena sering digunakan untuk menyentuh apapun.

Jika Anda baru saja menyentuh makanan atau sesuatu yang berminyak, lalu langsung mengelus rambut, tak heran jika rambut Anda menjadi kotor dan berminyak. Jadi, biasakan agar tidak sering menyentuh rambut dengan tangan. Atau Anda bisa membersihkan tangan terlebih dulu sebelum menyentuh rambut.

  • Cara Merawat Rambut yang Salah

Cara merawat rambut yang salah justru bisa meningkatkan produksi minyak pada kulit kepala. Misalnya, menggosok kulit kepala dengan keras ketika keramas. Hal ini akan mengiritasi kulit kepala, lalu menghasilkan lebih banyak minyak. Mencuci rambut terlalu sering, hingga dua kali sehari juga bisa memperburuk kondisi rambut berminyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *