Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anak Sesuai Usia Dengan Rumus Mudah

Cara menghitung berat badan ideal anak Anda merupakan salah satu informasi penting yang harus Anda ketahui. Dengan menghitung berat badannya, Anda dapat mengetahui gambaran tumbuh kembang anaknya dan memastikannya sesuai dengan kategori ideal.

Bagi Anda yang belum tahu cara menghitung berat badan ideal anak Anda, jangan khawatir. Kali ini, kami datang membawa informasi. Namun sebelumnya, Anda harus mengetahui alasan yang menyebabkan cara menghitung berat badan ideal anak kita, termasuk pengetahuan yang penting untuk dipahami.

Itu karena dengan mengamati pertumbuhan berat badan ideal anak, kita bisa mengantisipasi kemungkinan anak tumbuh dalam kondisi kurang gizi atau kelebihan berat badan. Kedua masalah tersebut sangat penting untuk dihindari.

Karena tidak hanya berdampak pada penampilan anak, namun kedua kondisi tersebut juga akan mempengaruhi kesehatannya. Sebelum semakin penasaran, yuk simak informasi tentang cara menghitung berat badan ideal untuk anak.

Rumus Menghitung Berat Badan Ideal Anak

Menghitung berat badan ideal anak berdasarkan 3 kategori umum. Berikut rumus berat badan ideal anak.  Rumus ini adalah The Best Guest Method.

Anak di bawah 12 bulan : Berat Badan Ideal (kg) = (Usia dalam bulan + 9) : 2

Anak usia 1 sampai 5 tahun : Berat Badan Ideal (kg) = 2 X (Usia dalam tahun + 5)

Anak-anak berusia 5 hingga 14 tahun : Berat Badan Ideal (kg) = 4 X Umur dalam tahun

Selain Rumus The Best Guest Method, ada juga The New APLS Formula yang menghadirkan cara menghitung berat badan ideal anak. Berikut rumusnya.

Anak usia 1 sampai 12 bulan: Berat Badan Ideal (kg) = (0,5 X umur dalam bulan) + 4

Anak usia 1 sampai 5 tahun : Berat Badan Ideal (kg) = (2 X umur dalam tahun) + 8

Anak-anak berusia 6 hingga 12 tahun : Berat Badan Ideal (kg) = (3 X umur dalam tahun) + 7

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *