Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

cara merawat rambut agar tetap sehat

Vosanjose – Rambut yang sehat, kuat dan lembut merupakan dambaan hampir semua orang, terutama wanita. Pasalnya, rambut merupakan bagian tubuh yang bisa meningkatkan rasa percaya diri dan menunjang penampilan.

Rutinitas dan aktivitas yang padat, polusi, dan kurangnya perawatan rambut bisa membuat rambut Anda rontok dan kering. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara merawat rambut agar tetap sehat, kuat dan lembut.

Bagaimana Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat?

cara merawat rambut agar tetap sehat

1. Jadwalkan keramas sesuai jenis rambut

Beberapa orang mungkin merasa bahwa cara menjaga kesehatan rambut adalah dengan sering mencuci rambut agar terlihat lebih bersih. Padahal, frekuensi keramas yang ialah baik dua atau tiga kali seminggu, dan harus dilakukan berdasarkan jenis rambut.

Misalnya, pemilik rambut keriting atau frizzy mungkin perlu memperhatikan perawatan rambut yang satu ini. Pasalnya, rambut yang memiliki pola ikal lebih lebat mempunyai tingkat kelembapan yang rendah alias kering.

Kondisi ini terjadi karena minyak alami yang melapisi kulit kepala sulit melewati rambut, sehingga terasa lebih kering. Itu sebabnya, untuk mengurangi kekeringan pada rambut, hindari terlalu sering mencuci rambut dengan sampo.

Anda bisa mencuci rambut dua kali seminggu dan yang terbaik adalah memilih produk perawatan rambut yang diformulasikan khusus untuk rambut keriting.

2. Perhatikan cara menyisir rambut

Perawatan rambut juga perlu memperhatikan cara menyisir. Pemilik rambut lurus, tidak perlu menyisir saat basah. Biarkan kering terlebih dahulu dan gunakan sisir dengan gigi yang goyang.

Jika rambut bergelombang atau keriting, waktu yang tepat untuk menyisir adalah saat masih basah. Jenis sisir yang digunakan sama yaitu jenis bergigi lebar, sehingga rambut lebih mudah diatur.

3. Jangan berlebihan dalam perawatan rambut

Saat basah, rambut cenderung rapuh. Jadi, Anda disarankan untuk mengeringkannya dengan lembut menggunakan handuk sebagai perawatan rambut yang tepat. Rambut basah tidak boleh disisir secara berlebihan. Begitu juga saat menggunakan produk perawatan rambut, seperti sampo.

4. Minimalkan penggunaan aksesoris rambut

Agar rambut Anda selalu sehat, jangan lupa untuk mempraktekkan cara merawat rambut dengan meminimalkan penggunaan aksesoris rambut. Hindari mengikat atau mengepang rambut terlalu sering dan tidak menyikat rambut terlalu lama atau terlalu sering.

Selain itu, kurangi penggunaan produk rambut berbahan kimia dan penggunaan alat penata rambut yang menggunakan panas listrik, seperti pelurus, pengeriting, atau pengering rambut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *