Miliarder Jepang Turis di ISS Bagikan Video Time Lapse Bumi

Miliarder Jepang Yusaku Maezawa berada di Stasiun Antarika Internasional (ISS) pada minggu ini. Pria berusia 46 tahun itu adalah turis pertama, dengan biaya sendiri, yang berkunjung ke ISS sejak 2009.

Tampaknya liburannya itu sepadan dengan uang yang dikeluarkan. Pemandangan yang dia tangkap dari ISS bisa membuat siapa saja iri. Maezawa merekam video time lapse Bumi dari ISS dan membagikannya di Twitter.

“Mengambil gambar time-lapse Bumi dari jendela ISS. Ini persis seluruh orbit di sekitar Bumi. Memesona,” cuit dia mengomentari video yang diunggah pada Minggu, 12 Desember 2021.

Video tersebut mengikuti perjalanan Bumi mengarungi siang dan malam dengan latar lautan biru dan awan putih muka Bumi. Terlihat panel surya stasiun ruang angkasa internasional menyesuaikan diri dengan arah datang sinar matahari saat Bumi berputar pada porosnya.

Video berdurasi 17 detik itu telah ditonton lebih dari 400 ribu kali di Twitter.

Maezawa membawa serta asisten produksi ke ISS untuk mendokumentasikan seluruh perjalanannya itu. Dia berencana membagikan video di kanal YouTube dan media sosialnya, menunjukkan seperti apa kehidupan di stasiun luar angkasa.

Pengusaha asal Negeri Matahari Terbit itu sebelumnya membagikan cukup banyak foto dan video kehidupan sehari-hari di ISS. Termasuk bagaimana astronot memenuhi ‘panggilan alam’ saat berada di luar angkasa. Tinggal di ISS membutuhkan pelatihan intensif karena stasiun itu bergerak begitu cepat di orbit, sehingga mereka yang berada di dalamnya mengalami 16 kali matahari terbit dan terbenam setiap harinya.

Maezawa meluncur ke antariksa dengan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia pada 8 Desember dari Kazakhstan dan mencapai ISS pada hari itu juga. Perjalanan ruang angkasa miliarder itu telah diselenggarakan oleh Space Adventures yang berbasis di Virginia, perusahaan yang mengirim tujuh turis lain ke ISS dari 2001 hingga 2009.

Yusaku Maezawa adalah pendiri Zozotown, mal mode online terbesar di Jepang. Menurut daftar Forbes 2021, Maezawa adalah orang terkaya ke-30 di Jepang. Dia juga telah memesan tiket di Starship Elon Musk untuk terbang melintasi Bulan.

Sementara Maezawa menikmati perjalanan ruang angkasa di ISS. Di Bumi, beberapa orang mengkritiknya. Sang miliarder Jepang nilai bisa menggunakan uang biaya perjalanan wisatanya itu untuk tujuan kemanusiaan. Namun, biaya perjalanan ruang angkasanya tidak diungkapkan.

GADGETS NDTV | SPACE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.