Selain untuk Kesehatan Mata, Ini 4 Alasan Mengapa Harus Sering Makan Wortel

Wortel memiliki reputasi yang baik sebagai makanan kaya nutrisi. Selain itu, sayuran ini mudah disimpan dan diolah menjadi berbagai jenis makanan untuk berbagai usia.

Sayuran ini kaya akan vitamin dan mineral yang berperan penting untuk membuat organ berfungsi maksimal. Mungkin yang paling terkenal, wortel kaya akan beta karoten (senyawa yang memberi warna khas pada wortel, rona oranye terang), yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh kita.

“Vitamin A mungkin paling terkenal karena perannya yang penting dalam mendukung kesehatan mata dan penglihatan yang baik, dan asupan yang cukup sangat penting dalam mengurangi risiko degenerasi makula,” kata Charlotte Martin, ahli gizi penulis The Plant Forward Solution, dilansir dari Real Simple. Setengah cangkir wortel cincang mentah menyediakan lebih dari setengah dari kebutuhan vitamin A harian untuk orang dewasa.

Selain untuk kesehatan mata, berikut beberapa manfaat kesehatan wortel yang perlu diketahui

1. Membuat kulit selalu sehat

Selain perannya dalam penglihatan, vitamin A juga penting untuk melindungi kesehatan kulit. Martin mengutip sebuah penelitian baru-baru ini yang menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin A dan karotenoid berisiko lebih rendah terkena kanker kulit. “Asupan wortel secara teratur, yang merupakan salah satu sumber terbaik dari pro-vitamin A beta-karoten karotenoid, dapat membantu memastikan pasokan vitamin A yang cukup dalam tubuh,” katanya.

2. Baik untuk kesehatan usus

Wortel memiliki 2 gram serat per porsi setengah cangkir, dan itu adalah campuran serat larut (dalam bentuk pektin) dan serat tidak larut. Menurut ahli gizi Amy Shapiro, serat larut dapat memperlambat seberapa cepat perut kita kosong sehingga meningkatkan perasaan kenyang setelah makan. Serat tidak larut inilah yang bertanggung jawab untuk membantu mencegah sembelit. Secara keseluruhan, wortel adalah alat yang ampuh untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat.

3. Wortel menyehatkan jantung

Shapiro menjelaskan bahwa selain untuk kesehatan mata, wortel juga tinggi potasium yang penting untuk kesehatan jantung. “Wortel kaya akan fitonutrien penangkal penyakit dengan sifat antioksidan, seperti karotenoid dan polifenol,” kata Martin. Dikombinasikan dengan kandungan seratnya, yang bermanfaat untuk pencegahan penyakit kardiovaskular, wortel berpotensi memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung dan faktor risikonya, seperti kolesterol tinggi.

4. Wortel ramah glukosa.

Wortel memiliki dampak minimal pada glukosa darah, kata Shapiro, menjadikannya camilan yang baik untuk penderita diabetes dan siapa pun ingin menghindari lonjakan gula darah. Kadar gula darah yang stabil mempengaruhi berat badan, tingkat energi, dan suasana hati.

Meskipun wortel aman untuk dimakan oleh hampir semua orang, berhati-hatilah karena jika makan terlalu banyak akan menimbulkan efek tidak biasa. “Asupan beta karoten yang tinggi dalam wortel dapat mengubah warna kulit menjadi oranye-kuning (suatu kondisi yang disebut “karotenemia”),” kata Martin. Ini tidak berbahaya bagi kesehatan, kulit akan kembali ke warna normal setelah mengurangi jumlah beta karoten yang dikonsumsi.

Shapiro juga merekomendasikan untuk membeli wortel organik bila memungkinkan, karena wortel memiliki kemampuan menyerap pestisida dalam jumlah tinggi dari tanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *